Mahasiswa STKPK Bina Insan Samarinda Raih Juara 1 dan 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik se-Indonesia


Mahasiswa Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral Katolik Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda (STKPK Bina Insan) kembali meraih prestasi di kancah nasional. Kali ini, catatan membanggakan ditoreh oleh Martinus Aripin yang sukses meraih Juara 1 Kategori Akomodatif Terhadap Budaya Lokal dan Yunita Filadelvia Hurai Ibo meraih Juara 2 Kategori Anti Kekerasan pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) Katolik Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia.

LKTI Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Tingkat Nasional Tahun 2022 kali ini mengambil tema “Transformasi Layanan Umat” dengan Subtema “Melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa PTK Katolik, Kita Bumikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama”.

Mahasiswa yang lolos seleksi LKTI Tingkat Kampus pada bulan Mei-Juni 2022 diikutsertakan dalam seleksi LKTI Tingkat Nasional. Berdasarkan pengumuman hasil seleksi Tingkat Nasional pada tanggal, 19 November 2022 lalu. Mahasiswa STKPK Bina Insan Samarinda yang lolos Grand Final adalah Martinus Aripin (Kategori Akomodatif Terhadap Budaya Lokal) dan Yunita Filadelvia Hurai Ibo (Kategori Anti Kekerasan).

Grand final Lomba KTI Mahasiswa PTK Katolik berlangsung di Jakarta tanggal 22 s.d. 25 November 2022, diikuti oleh 24 finalis dari 73 peserta lomba yang telah melewati tahap seleksi dari setiap kategori yaitu Komitmen Kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan, dan Akomodatif Terhadap Budaya Lokal. Martinus Aripin berhasil meraih Juara 1 dan Yunita Filadelvia Hurai Ibo berhasil meraih Juara 2 setelah berkompetisi dengan 22 peserta lainnya dari berbagai PTK Katolik di seluruh Indonesia.

Ketua STKPK Bina Insan, Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, Lic.Mis., bersama para-Dosen dan seluruh mahasiswa menyambut kepulangan Dosen Pembimbing dan Mahasiswa yang mengikuti LKTI. “Kita bersyukur kepada Tuhan karena mahasiswa dan dosen pembimbing yang mengikuti kegiatan lomba KTI sudah kembali dengan selamat dan membawa prestasi yang membanggakan kita semua.” Ucap Ketua (25/11/2022)

“Saya mewakili segenap Sivitas Akademika mengucapkan limpahan terima kasih kepada dosen pembimbing dan mahasiswa yang telah berhasil meraih kejuaraan dalam lomba ini, ini adalah prestasi yang membanggakan kita semua yang patut disyukuri. Saya berharap ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa agar terus meningkatkan kemampuan menulis karya-karya ilmiah yang baik, sehingga di masa mendatang lebih banyak lagi mahasiswa yang berpartisipasi dalam lomba semacam ini.” Harap Ketua.

Martinus Aripin, mahasiswa semester 7, “Kami berterima kasih kepada Ketua STKPK Bina Insan, Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, Lic.Mis., Para Dosen STKPK Bina Insan, dan rekan-rekan mahasiswa, secara khusus para-Dosen Pembimbing yang telah mendampingi dari awal hingga berhasil meraih kejuaran dalam LKTI Tingkat Nasional, ini adalah persembahan kami semua dari mahasiswa untuk kampus tercinta STKPK Bina Insan.” Ungkap Aripin.

Yunita Filadelvia Hurai Ibo, mahasiswa semester 5, “Saya sangat bersyukur karena dapat mewakili kampus kita mengikuti lomba ini, ini adalah pengalaman pertama bagi saya yang sungguh luar biasa dan menjadi motivasi untuk terus belajar lebih giat lagi. Bagi teman-teman, ‘kamu harus mau, maka kamu bisa’ artinya kita harus berani memulai sesuatu yang baik supaya kita bisa sampai pada tujuan yang ingin kita capai. Tetap semangat, tahun depan kita persiapkan lebih baik lagi mulai dari sekarang.” Sambungnya

Ada pun Dewan Juri LKTI tahun 2022 adalah Dr. Abdul Jamil Wahab, M.Si, Peneliti Ahli Madya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. Emanuel Pranawa Dhatu Martasudjita, Pr, Guru Besar pada Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Prof. Dr. Antonius Eddy Kristiyanto, OFM Guru Besar pada STF Driyarkara Jakarta, Prof. Hadi Sutanto, Ph.D, Guru Besar pada Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, dan Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., Rektor/Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Penulis: Willyam Roni, Mahasiswa STKPK Bina Insan.